Berbagi Informasi Menarik!

Daftar Tempat Wisata yang Mendapat Julukan Negeri di Atas Awan

Daftar Tempat Wisata yang Mendapat Julukan Negeri di Atas Awan

Indonesia memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik dan indah yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam dan luar negeri. Tak hanya soal keindahannya, tapi juga mempunyai julukan sebutannya.

Salah satu sebutannya adalah negeri di atas awan. Ada beberapa lokasi wisata di Indonesia yang memiliki julukan tersebut.

Lokasi itu tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Lokasi-lokasi wisata mana saja yang mendapat julukan tersebut?

Dataran Tinggi Dieng

Tempat ini berada di Jawa Tengah dan ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Sebutan negeri di atas awan karena pengunjung dapat menyaksikan keajaiban alam berupa gumpalan awan tebal sehingga membentuk seperti lautan awan di kaki gunung- gunung besar di kawasan Dieng.

Momen langka tersebut dapat disaksikan saat matahari terbit di pagi hari. Saat musim penghujan maupun kemarau gumpalan awan berubah dan berbeda-beda. Saat musim kemarau biasanya gumpalan lautan awan terlihat tidak terlalu tebal tapi saat musim penghujan justru sebaliknya.

Dataran Tinggi Lolai

Lokasinya berada di Lolai adalah dataran tinggi di To'tombi, Desa Mamullu, Kecamatan Kapala Pitu, sekitar 20 kilometer dari Rantepao, ibu kota Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Lembah ini dipenuhi gumpalan kabut tebal sehingga seluruh permukaan lembah tertutup hampir dan berawan putih hampir setiap pagi. Hal itu juga yang membuatnya mendapat julukan negeri di atas awan.

Gunung Andong berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pun menjadi salah satu tempat bagi pelancong untuk menikmati keindahan negeri di atas awan. Gunung berbentuk perisai ini hanya memiliki ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Meski hanya gunung kecil, dari Puncak Andong, para pendaki bisa menyaksikan hamparan beberapa gunung, di antaranya Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Telemoyo, Lawu, dan Ungaran. Pemandangan paling bagus biasanya pada awal April dan akhir Mei.

Puncak B29

Tempat ini berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Lokasi Puncak B29 berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BTS).

Jika beruntung dan cuaca cerah, wisatawan dapat menikmati keindahan awan yang membekap kawasan tersebut. Pemandangan yang paling menarik adalah dari arah barat atau lautan pasir Gunung Bromo yang puncaknya setinggi 2.392 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bukit Panguk Kediwung Dlingo

Berada di Bantul, Yogyakarta tempat ini juga mendapat julukan negeri di atas awan. Pemandangan di tempat ini terbilang sangat menakjubkan.

Di atas sebuah gardu pandang bisa dinikmati keindahan gumpalan kabut. Hal itu yang membuat tempat ini juga sebagai negeri di atas awan.

Bukit Banyon

Trenggalek di Jawa Timur juga punya lokasi wisata yang juga mendapat julukan sebagai negeri di atas awan. Namanya Bukit Banyon letaknya di Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandusari, Jawa Timur.

Jika malam hari hujan, kabut sangat tebal hingga warga setempat menyebutnya negeri di atas awan. Namun, saat cuaca malam cerah, kabut yang muncul biasanya tipis, tapi tetap sangat indah.
0

0 komentar:

Posting Komentar