Berbagi Informasi Menarik!

Wisata Pantai Cantik di Banyuwangi

Wisata Pantai Cantik di Banyuwangi

Indonesia menyimpan segudang kekayaan alam yang sayang untuk dilewatkan. Destinasi wajib bagi Anda pecinta adalah mengunjungi sederet pantai cantik yang ada di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Di sana, para pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama dari bibir pantai, tetapi juga dapat melakukan beragam aktivitas seru. Anda juga akan mendapatkan pengalaman jalan-jalan yang berbeda.

Simak enam pantai cantik di Banyuwangi seperti dirangkum dari buku Explore Banyuwangi yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur berikut ini.

1. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah sendiri memiliki arti pulau yang berwarna merah dengan bentuk seperti sebuah bukit kecil dekat pantai dengan pantai berpasir putih sepanjang 3 kilometer. Di Pantai Pulau Merah, Anda tak hanya bisa bersantai di pinggir pantai, tetapi ombaknya sangat bagus untuk surfing.

Saat air laut surut, Anda dapat mengunjungi Pulau Merah dengan berjalan kaki. Dekat pantai ada pura yang digunakan untuk upacara umat Hindu. Tak jauh dari Pulau Merah, ada kampung nelayan yang tak kalah cantik bernama Pancer. Di sana, Anda dapat belanja ikan segar dan menikmati ikan bakar di warung sekitar pantai.

2. Pantai Plengkung G-Land

Nama Plengkung kerap disebut G-Land dengan huruf G yang berasal dari kata Grajan, nama sebuah teluk yang memiliki ombak besar. Plengkung dikenal sebagai pantau terbaik untuk surfing di dunia. G-Land dikelilingi hitan hujan tropis yang masih alami.

Pantai ini jadi destinasi yang disukai para peselancar dan disarankan hanya untuk mereka yang profesional. Mei hingga Oktober menjadi bulan terbaik untuk sufing. Biasanya, peselancar berangkat dari Bali melalui Banyuwangi menuju ke G-Land atau Plengkung. Lalu, menyewa boat menuju pantai Plengkung.

3. Pantai Mustika

Pantai Mustika terletak di Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini dekat dengan Pulau Merah dan Anda dapat berjalan kaki sekita 3-4 kilometer ke barat mengikuti garis Pantai Pulau Merah.

Atau Anda hanya dapat mengubah perjalanan ke kanan sebelum dekat di pintu masuk Pulau Merah. Anda dapat menikmati cantiknya matahari terbenam bersama orang-orang terkasih di pantai ini.

4. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng memiliki pasir putih bersih yang sangat cocok untuk melakukan beragam aktivitas seperti berenang, berperahu, hingga memancing. Untuk menuju pantai ini, Anda dapat berjalan kaki melewati jalan setapak selama 45 menit atau dengan perahu motor selama 15 menit. Keduanya berangkat dari pelabuhan Pancer.

Pantai ini menyuguhkan panorama air laut yang biru dan berkilau. Selain itu, Pantai Wedi Ireng terdiri atas pasir putih dan hitam yang bercampur menjadi satu maka dari itu pantai disebut Wedi Ireng atau pasir hitam.

5. Pantai Boom

Pantai Boom berada di tengah kota Banyuwangi, Kampung Mandar. Pantai ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati matahari terbit karena langsung menghadap ke Selat Bali.

Pantai dengan pasir hitam ini sangat mudah diakses karena berada dekat dengan pusat kota. Salah satu hal yang paling ikonik dari pantai ini adalah sebagai spot swafoto dengan latar belakang yacht yang berjajar di belakangnya.

6. Pantai Sukamade

Pantai ini berada 97 kilometer ke arah barat daya Kota Banyuwangi. Pantai Sukamade ditemukan oleh Belanda pada 1927. Menariknya, Sukamade merupakan hutan lindung alam yang menjadi tempat penangkaran penyu.

Saat berkunjung ke sana, Anda akan dipandu oleh pemandu penjaga hutan berpengalaman untuk melihat penyu mendarat dan bertelur di pasir pantai. November hingga Maret adalah musim penyu bertelur. Penyu betina biasanya datang ke pantai pada malam hari sekitar pukul 19.30 dan kembali ke laut pada pukul 24.00.
0

0 komentar:

Posting Komentar