Berbagi Informasi Menarik!

5 Cara Merawat Motor Sport Agar Lebih Awet


5 Cara Merawat Motor Sport Agar Lebih Awet

Motor sport merupakan salah satu jenis motor yang banyak digunakan. Ya, untuk menunjang aktivitas sehari-hari, tentu kita membutuhkan alat transportasi yang praktis dan mudah untuk digunakan. Motor menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya relatif murah, motor juga cenderung bisa meminimalisir kemacetan karena bodinya yang terbilang kecil.

Motor sport merupakan jenis sepeda motor yang berpenampilan dan memiliki desain seperti motor balap atau memiliki performa di atas rata-rata sepeda motor jenis bebek atau skuter. Motor jenis ini banyak digunakan oleh mereka yang suka dengan motor kecepatan tinggi. Tak jarang, motor ini pun banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Seperti halnya motor lainnya, motor jenis sport pun harus dirawat agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda tidak melakukan perawatan motor secara berkala, maka bisa dipastikan motor Anda akan rentan mengalami kerusakan. Untuk itu, simak beberapa ulasan cara merawat motor sport agar lebih awet berikut ini.

1. Menghidupkan Mesin Motor Tiap hari

Cara merawat motor sport yang pertama yaitu sebisa mungkin menghidupkan mesin motor setiap harinya. Meskipun motor jarang digunakan atau Anda jarang bepergian, lebih baik Anda menghidupkan mesinnya secara rutin selama kurang lebih 10 menit. Hal ini dilakukan agar komponen-komponen yang terdapat di dalam motor tetap bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing, juga mencegah terjadinya karatan atau kerak.

2. Cek Oli Mesin

Langkah yang kedua Anda bisa mengecek ketinggian oli mesin, apakah oli mesin motor Anda masih tinggi atau sudah rendah. Oli merupakan bagian penting untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih. Oli juga dapat Anda ganti secara rutin tergantung pemakaian, misalnya 1 atau 2 bulan sekali. Namun jika Anda ingin kondisi mesin lebih awet, lebih baik Anda melakukan pergantian oli mesin sebulan sekali.

3. Menggunakan bahan bakar berkualitas

Cara merawat motor berikutnya yaitu dengan menggunakan bahan bakar berkualitas baik, dimana disetiap motor telah dibekali sebuah mesin yang terdiri atas komponen-komponen yang memiliki kualitas tinggi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan bahan bakar jenis Pertamax yang dikenal memiliki kualitas tinggi.

4.    Cek Sistem Kelistrikan

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya yaitu memperhatikan komponen listrik dimana pada bagian tersebut ada bagian yang sangat penting disetiap alat transportasi, khususnya untuk motor jenis sport yang hanya menggunakan sistem starter electric saja. Jadi Anda harus memperhitungkan kondisi kelistrikannya.

Anda dapat melakukannya dengan cara mengecek apakah kondisi aki masih layak pakai atau tidak. Bersihkan dua terminal pada aki motor agar motor Anda tidak berkerak atau menghambat arus listriknya.

5. Service Secara Rutin

Tips dan cara merawat motor yang terakhir yaitu melakukan service motor secara rutin. Hal ini tentu sangat diwajibkan agar Anda bisa  mengetahui komponen apa sajakah yang harus mendapat perawatan atau yang perlu untuk diganti. Anda juga harus melakukan service di tempat yang memiliki pengetahuan tentang motor jenis sport atau pergi ke bengkel resminya. Apabila Anda tidak melakukan service motor secara rutin, maka motor Anda cenderung akan mengalami kerusakan dari waktu ke waktu.

Demikianlah beberapa tips merawata motor jenis sport yang bisa Anda lakukan. Yamaha baru-baru ini mengeluarkan motor sport Andalannya dengan berbagai spesifikasi canggih terbarunya. Nikmati kenyamanan berkendara dengan Yamaha yang semakin di depan.
0

0 komentar:

Posting Komentar