Berbagi Informasi Menarik!

Berikut 5 Tips Agar Tumbuh Kembang Anak Menjadi Pribadi Yang Sehat dan Cerdas


Berikut 5 Tips Agar Tumbuh Kembang Anak Menjadi Pribadi Yang Sehat dan Cerdas

Tumbuh kembang anak menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Usia anak-anak memanglah waktu yang menyenangkan. Namun terkadang ada anak yang tumbuh menjadi pribadi yang pemurung, pendiam dan tidak sehat. Untuk itu para orang tua sebaiknya memperhatikan tumbuh kembang anak di usia dini agar kelak menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan.

Banyak hal sederhana yang mungkin sering diabaikan para orang tua dalam menemani masa-masa kecil si anak, sehingga terkadang anak merasa tumbuh sekadarnya dan dampaknya adalah ketika ia dewasa akan menemukan kendala dalam dirinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tumbuh kembang anak menjadi optimal dan tumbuh menjadi pribadi yang unggul, diantaranya :

1. Biasakan memberikannya sarapan pagi

Kebiasaan ini mungkin terlihat sederhana, namun si anak apabila dibiasakan dengan sarapan di pagi hari, ketika dewasa akan terbiasa untuk melakukannya. Karena kita tahu bahwa sarapan di pagi hari merupakan hal yang penting dan menjaga otak agar tetap jernih dan fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan mendapatkan sarapan, nutrisi yang diperlukan anak akan tercukupi. Sehingga jika si anak dibiasakan melewatkan sarapan pagi, maka tumbuh kembang anak akan kurang optimal karena di pagi hari otak dan fisik membutuhkan nutrisi yang lengkap dan energi yang cukup untuk beraktivitas.

2. Hindarkan gadget dari jangkauannya

Orang tua yang sibuk terkadang harus melewatkan banyak waktu yang seharusnya dilakukan bersama anak. Sehingga tidak jarang jika orang tua akan memberikan apa saja untuk menggantikan kehadirannya, yakni dengan memberikan gadget untuk menemani hari-hari anak ketika tanpa orang tua.

Secara tidak langsung orang tua sebenarnya telah memberikan racun dan ini akan berdampak buruk pada kesehatan maupun psikologis si anak. Usia anak-anak yang identik dengan sifat bebas bereksplorasinya akan terhambat karena dengan memegang gadget, anak akan tidak memperdulikan apa yang ada disekitarnya.

Pada dasarnya, gadget memang memiliki beberapa hal positif untuk anak-anak, namun jika dengan porsi yang berlebihan maka itu juga akan memperburuk pribadi si anak itu sendiri. Untuk itu dibutuhkan pengawasan dan pembatasan dalam penggunaannya.

3. Ajarkan kepedulian pada sekitar

Salah satu cara untuk membantu tumbuh kembang anak menjadi optimal adalah mengajarkan pada anak akan kepedulian disekitarnya.

Tentunya dengan kepedulian yang diajarkan maka anak akan menghargai apapun yang ada disekitarnya, misalnya menyapa ketika ada anak atau orang yang lebih tua darinya. Peduli dengan hewan dan tumbuhan disekelilingnya, dan hal kecil lainnya.

4. Biarkan bereksplorasi

Jiwa protektif yang dimiliki orang tua terhadap anaknya memanglah penting. Namun kembali lagi apabila apa yang sekiranya bisa memberikan pengalaman ataupun dampak positif terhadap tumbuh kembang dari anak apa salahnya para orang tua untuk memberi kesempatan atau memberikan akses untuknya.

Misalnya saja anak yang suka berolahraga sepak bola. Terkadang ada orang tua yang melarang anak untuk melakukannya dengan alasan akan berkeringat, kotor, dan lain sebagainya. Justru saat-saat seperti itulah bakat anak akan terbentuk sehingga orang tua juga harus memandang tidak hanya dalam satu sisi namun sisi lainnya yang bisa saja malah akan memberikan dampak positif pada anak.

5. Kasih sayang yang cukup

Sebenarnya ini adalah hal yang paling penting dari segalanya. Anak membutuhkan orang tuanya untuk beradaptasi dengan sekelilingnya. Hal ini karena orang tua adalah orang yang berada disekelilingnya dalam waktu yang lebih lama dari orang lain. Sehingga jangan sampai anak sudah mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup dan tumbuh menjadi anak yang cerdas namun kekurangan kasih sayang orang tua.

Hal ini tentunya bisa mengganggu psikologi si anak. Untuk itu, para orang tua sebaiknya memberikan porsi yang cukup untuk anak.

Demikianlah beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan sebagai bentuk kepedulian terhadap anak agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal dan menjadi pribadi yang sehat, unggul, dan menyenangkan. Masih ada hal lainnya yang perlu dilakukan dan yang perlu diperhatikan ketika menghadapi anak pada masa usia dini. Harapannya mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang bisa menghargai diri sendiri dan sekitarnya.
0

0 komentar:

Posting Komentar