Berbagi Informasi Menarik!

Kenali 4 Cara Memilih Jangka Waktu Pinjaman Dana Cepat Online Ini

Kenali 4 Cara Memilih Jangka Waktu Pinjaman Dana Cepat Online Ini

Pada saat Anda membutuhkan dana darurat, hal yang pertama Anda lakukan biasanya meminjam uang kepada teman. Namun kini Anda tidak perlu repot-repot meminjam uang teman, karena sekarang sudah tersedia pinjaman dana cepat secara online. Hal tersebut tentunya akan memudahkan Anda ketika kondisi keuangan sedang tidak stabil atau ketika Anda benar-benar sedang membutuhkan dana darurat.

Untuk mendapatkan pinjaman dana cepat  ini, tentunya Anda harus melakukan berbagai prosedur sebagai persyaratan pengajuan pinjaman. Diantara beberapa persyaratannya yaitu dengan melengkapi berbagai dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, slip gaji perbulan, dan lain sebagainya. Persyaratan tersebut nantinya akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pinjaman dana secara cepat sesuai dengan nominal yang Anda inginkan.

Selain persyaratan, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal lainnya seperti masa tenor atau jangka waktu pinjaman. Anda harus memperhatikan hal ini agar pembayaran angsuran bisa disesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan Anda. Masa tenor pada pembayaran online ini tidak sama seperti masa tenor KTA (Kredit Tanpa Anggunan). Masa tenor online dihitung dengan skala harian, yaitu kisaran 10 sampai 360 hari. Hal tersebut dikarenakan bunga yang diberikan dihitung per hari, bukan per bulan.


Kenali 4 Cara Memilih Jangka Waktu Pinjaman Dana Cepat Online Ini

Dalam masa tenor online, ada 2 jenis tenor yang bisa Anda gunakan untuk masa pinjaman Anda, yaitu:

1. Masa Tenor Pendek

Masa tenor pada pinjaman dana cepat online umumnya ada di kisaran 10 sampai dengan 60 hari atau sekitar 2 bulanan. Jika Anda mampu untuk membayar angsuran dalam jumlah yang besar, maka Anda bisa memilih tenor ini dengan nominal angsuran yang cukup besar. Namun, masa tenor pendek memiliki keuntungan tersendiri. Semakin pendek jangka waktu yang dipilih, atau semakin besar angsuran yang dibayarkan, maka bunga yang dibebankan pun akan semakin sedikit.

Bagi Anda yang merasa mampu untuk membayar angsuran dalam jumlah yang banyak, maka Anda bisa memilih masa tenor pendek. Namun jika dirasa tidak mampu, maka jangan sekali-kali untuk menggunakan tenor ini karena khawatir pinjaman tidak akan terbayar lunas.

2. Masa Tenor Panjang

Jenis masa tenor online yang kedua yaitu masa tenor panjang. Masa tenor ini bisa Anda gunakan jika Anda menginginkan pembayaran angsuran dalam jumlah yang sedikit. Masa tenor ini biasanya berkisar antara 90 hari sampai 360 hari atau setahun.  Dengan membayar angsuran dalam jumlah yang sedikit, maka Anda pun masih memiliki sisa penghasilan yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Kekurangan dari masa tenor ini yaitu bunga yang dibebankan akan semakin besar karena Anda mengambil jangka waktu pembayaran angsuran yang lebih lama.
Setelah mengetahui dua jenis masa tenor online di atas, kini Anda harus mengetahui jenis tenor mana yang cocok untuk Anda gunakan saat akan meminjam dana. Oleh karena itu, simak beberapa tips di bawah ini agar Anda tidak lagi bingung.

1. Perhatikan kondisi keuangan Anda
Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu kondisi keuangan Anda. Sebelum Anda memutuskan untuk meminjam dana dari lembaga atau perusahaan, sebaiknya perhitungkan dahulu dengan penghasilan Anda perbulannya. Jika Anda merasa mampu untuk membayar cicilan, maka Anda bisa mengambil pinjaman dana baik dalam masa tenor panjang maupun dalam masa tenor pendek.
Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hutang yang Anda miliki. Jika Anda masih emiliki hutang ke Bank, Koperasi, dan sebagainya, maka lebih baik lunasi dulu hutang-hutang tersebut agar Anda merasa tidak terbebani.

2. Melakukan simulasi perhitungan bunga
Langkah yang kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan simulasi perhitungan. Langkah ini sangat membantu Anda untuk mengetahui besaran biaya yang dapat Anda sisihkan untuk membayar angsuran pinjaman dana. Sebagai contoh, katakanlah Anda akan meminjam dana sebesar 12 juta dengan masa tenor pendek 90 hari (3 bulan) dan bunga 0.5%. Kalkulasinya yaitu sebagai berikut.
  • Dana yang dipinjam 12 juta: 3 bulan= Rp. 4 juta
  • Perhitungan bunga: 12 juta x 0.5% x 30 hari = Rp. 1.8 juta
  • Angsuran perbulan: 4 juta + 1.8 juta = Rp. 5.8 juta
  • Total yang harus dibayar: 5.8 juta x 3 bulan = Rp. 17.4 juta
     3. Mengecek asset yang pernah dimiliki
Apabila sebelumnya Anda pernah menggadaikan asset, maka Anda harus rajin-rajin mengeceknya. Jika suatu saat nanti Anda mengalami kendala dalam melakukan pembayaran angsuran, maka Anda bisa menjual asset tersebut, sehingga pembayaran tidak akan menunggak.

4. Memperhatikan biaya denda pelunasan awal
Jika Anda ingin membayar lunas semua tagihan Anda dengan cepat, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Biasanya, Anda akan dikenakan denda untuk pelunasan pinjaman awal. Oleh sebab itu, pelajari terlebih dahulu apa saja aturan yang diberlakukan pada perusahaan atau lembaga tersebut.

Itulah beberapa tips memilih jangka waktu pinjaman dana cepat secara online. Untuk mendapatkan penyedia pinjaman yang aman dan terpercaya, Anda bisa langsung klik lama CekAja.com melalui https://www.cekaja.com/kredit. Dengan begitu, Anda bisa memilih masa tenor mana yang cocok untuk Anda, baik itu masa tenor panjang, maupun masa tenor pendek.
0

0 komentar:

Posting Komentar