Berbagi Informasi Menarik!

6 Cara Menghilangkan Bau Kaki Menggunakan Bahan Alami


6 Cara Menghilangkan Bau Kaki Menggunakan Bahan Alami

Bagian tubuh yang kerap kali mengeluarkan bau tak sedap adalah kaki. Beberapa hal bisa menjadi penyebabnya, seperti enggan menggunakan kaus kaki serta produksi keringat berlebih di bagian tersebut. Tentunya, bau tak sedap yang menguar membuat orang di sekitar Anda dan bahkan Anda sendiri jadi tak nyaman. Untuk mengatasinya, berikut 6 cara menghilangkan bau kaki secara alami. 
1.   Rendam Kaki Menggunakan Teh Hitam
Cara pertama untuk menghilangkan bau tak sedap pada kaki adalah dengan merendam dan membersihkannya menggunakan larutan teh hitam. Teh hitam mengandung asam tanat yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Selain itu, kandungannya ini juga bisa mengecilkan pori kulit sehingga produksi keringat jadi berkurang dan kaki jadi bebas dari bau.
Pemanfaatan teh hitam untuk menghilangkan bau tak sedap pada kaki ini cukup mudah. Anda hanya perlu merebus dua kantong teh dengan air selama lebih kurang 15 menit. Setelah lewat 15 menit, keluarkan kantong teh dan tambahkan dua liter air pada air rebusan teh tersebut. Tunggu sampai suhunya sejuk, lalu bersihkan kaki menggunakan air teh itu selama 15 hingga 30 menit. 
2.    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zinc
Cara lain yang digunakan untuk mengatasi bau tak sedap pada kaki adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc. Sertakan makanan kaya zinc dalam asupan makan harian Anda. Beberapa makanan yang kaya akan mineral satu ini seperti seafood, bayam, kacang-kacangan, serta cokelat hitam. Konsumsi makanan ini dengan rutin, untuk menghilangkan bau pada kaki.
3.   Rendam Kaki Menggunakan Cuka Apel
Cuka apel memang memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan organ dalam tubuh, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap yang menguar dari kaki. Kandungan asam dalam cuka apel dapat menetralkan bau, serta membunuh bakteri penyebab bau tersebut. Larutkan 1/3 gelas cuka apel dengan sebaskom air hangat, lalu rendam kaki secara rutin. 
4.   Taburkan Tepung Pati pada Kaki
Cara menghilangkan bau kaki berikutnya yang bisa dicobakan adalah dengan memanfaatkan tepung pati. Tepung pati sifatnya menyerap keringat, sehingga dapat membuat kaki tetap merasa sejuk. Taburkan tepung pati pada area kaki sebanyak satu hingga 2 kali sehari. Cukup taburkan sedikit saja tepung pati tersebut di permukaan kaki, sebelum Anda menggunakan kaos kaki dan sepatu.
5.   Rendam Kaki Menggunakan Air Larutan Garam
Bahan dapur yang juga bisa diandalkan untuk menghilangkan bau kaki adalah garam. Garam berkhasiat untuk mengeksfoliasi kulit kaki, mengurangi keringat serta membunuh bakteri melalui zat astringent yang dikandungnya. Anda hanya perlu melarutkan setengah gelas garam dalam sebaskom kecil air. Selanjutnya, rendam kaki Anda selama 10 hingga 20 menit, lalu keringkan.
6.   Taburkan Baking Soda pada Sepatu
Bau kaki bisa disebabkan karena bertumpuknya bakteri penyebab bau di sepatu Anda. Jadi, saat Anda mengenakannya, maka bau tersebut akan otomatis menempel pada kaki Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menaburkan baking soda pada sepatu tersebut. Saat sepatu selesai digunakan, taburkan baking soda di sepatu tersebut agar keringat yang melekat bisa menguap.
Itulah tadi 6 cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami yang bisa dengan mudah Anda pratikkan di rumah. Cara ini tak hanya praktis untuk diterapkan, namun juga tak membutuhkan banyak biaya. Anda bisa memilih salah satu yang sekiranya paling mudah untuk Anda lakukan di rumah. Dengan melakukannya secara rutin, bau kaki yang tak sedap akan bisa hilang sepenuhnya.
0

0 komentar:

Posting Komentar