Berbagi Informasi Menarik!

3 Jenis Produk Asuransi Syariah


3 Jenis Produk yang Ditawarkan Asuransi Syariah

Sistem ekonomi syariah dewasa ini kian berkembang pesat. Produk-produk syariah pun mulai bermunculan,, salah satunya adalah produk asuransi syariah. Mengaplikasikan sistem yang menjunjung tinggi nilai kesatuan, asuransi syariah menggunakan prinsip  tolong menolong atau takaful.  Prinsip takaful ini kemudian dipakai oleh perusahaan asuransi untuk mengelompokkan jenis produk mereka. Beberapa macam takaful adalah sebagai berikut:

1. Takaful Individu
Takaful individu adalah jenis pertanggunggan untuk pemegang polis saja. Jenis produk ini diklasifikasikan ke dalam 2 kategori, yakni:

      Tabungan
Produk takaful individu tabungan terbagi ke dalam enam jenis, antara lain takaful dana haji, siswa, jabatan, dan investasi. Takaful dana haji adalah asuransi yang bertujuan untuk melindungi Anda sebelum dan saat melakukan perjalanan haji. Takaful dana siswa adalah asuransi tahapan untuk pendidikan anak dari tingkat taman kanak-kanak hingga universitas.
Takaful dana jabatan  adalah sebuah perlindungan berupa santunan bagi ahli waris atas pemegang polis yang meninggal pada masa jabatannya. Takaful dana investasi adalah asuransi yang akan melindungi Anda di hari tua ataupun ahli waris Anda.
      Non-Tabungan
Takaful nontabungan terbagi tiga, yaitu takaful al-khairat individu, kecelakaan individu, dan kesehatan individu. Produk takaful al-khairat bertujuan untuk memberikan santunan kepada ahli waris apabila anggota mengalami kematian selama perjanjian pertanggungan aktif.
Hampir sama dengan takaful al-khairat, takaful kecelakaan individu memberikan santunan kepada ahli waris jika pemegang polis meninggal dalam musibah kecelakaan. Terakhir, takaful  kesehatan individu cocok bagi Anda yang ingin menyiapkan dana jika suatu saat jatuh sakit dan harus dioperasi ataupun rawat inap.

2. Takaful Grup
Jenis produk takaful grupada enam, antara lain takaful al-khairat dan tabungan haji, kecelakaan siswa, wisata dan perjalanan, kecelakaan diri kumpulan, majelis taklim, serta pembiayaan.
Takaful al-khairat dan tabungan haji memberikan perlindungan bagi Anda yang ingin berangkat haji dan mengumpulkan dana secara bersamaan dengan pemberangkatan yang bergilir. Takaful kecelakaan siswa memberikan perlindungan kepada siswa maupun mahasiswa dalam sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan nonformal jika mengalami kecelakaan.
Takaful wisata dan perjalanan ditujukan untuk biro perjalanan wisata yang ingin melindungi pesertanya bila terjadi kecelakaan. Takaful  kecelakaan diri kumpulan ditujukan untuk perusahaan, organisasi, ataupun perkumpulan yang ingin melindungi anggotanya bila terjadi kecelakaan. Takaful majelis taklim bertujuan untuk memberikan santunan kepada ahli waris anggota majelis jika yang bersangkutan meninggal. Takaful pembiayaan…?
3. Takaful Umum
Takaful umum terbagi enam jenis, yaitu takaful kebakaran, kendaraan bermotor, rekayasa, pengangkutan, rangka kapal, dan aneka. Takaful kebakaran memberikan perlindungan atas musibah kebakaran yang menimpa anggota akibat percikan api, sambaran petir, ledakan, dan kejatuhan pesawat.
Takaful kendaraan bermotor memberikan perlindungan jika terjadi kerusakan pada motor akibat kecelakaan. Takaful rekayasa melindungi Anda dari kerusakan berkaitan pengerjaan pembangunan dan alat-alatnya.
Takaful pengangkutan melindungi barang atau uang Anda yang mengalami kerusakan selama pengiriman. Takaful rangka kapal memberikan  perlindungan terhadap rangka dan mesin kapal atas kecelakaan yang dialami. Terakhir, takaful aneka memberikan perlindungan terhadap hal-hal yang tidak terduga dari polis-polis sebelumnya.
Itulah beberapa referensi produk asuransi syariah yang perlu Anda ketahui. Semoga bisa menambah wawasan ya!
0

0 komentar:

Posting Komentar